Materi Fisika SMA Kelas 10, 11, 12

Berikut adalah daftar materi Fisika SMA kelas 10, 11, & 12 di Rumus Pintar. Materi dibahas secara detail dilengkapi dengan contoh soal & pembahasan.

Mekanika

Mekanika adalah cabang fisika yang mempelajari gerak dan interaksi antara benda-benda yang dipengaruhi oleh gaya. Topik ini mencakup konsep dasar gerak, gaya, dan hukum-hukum yang mengatur interaksi antar benda.

Termodinamika

Termodinamika adalah cabang fisika yang mempelajari hubungan antara energi, panas, dan kerja dalam sistem-sistem termodinamika. Materi ini mencakup konsep dasar suhu, tekanan, dan perpindahan energi dalam bentuk panas.

Listrik dan Magnetisme

Listrik dan magnetisme adalah cabang fisika yang mempelajari fenomena listrik dan magnet serta interaksinya. Materi ini mencakup konsep dasar arus listrik, medan magnet, dan hukum-hukum yang mengatur fenomena listrik dan magnet.

Optika

Optika adalah cabang fisika yang mempelajari perilaku dan sifat cahaya, termasuk interaksinya dengan materi. Materi ini mencakup konsep dasar gelombang cahaya, pembiasan, pemantulan, dan berbagai efek yang terkait dengan cahaya.

Getaran & Gelombang

Getaran & Gelombang adalah cabang fisika yang mempelajari fenomena gelombang, baik mekanik maupun elektromagnetik, serta getaran yang dihasilkannya. Materi ini mencakup konsep dasar gelombang, getaran, dan efek yang terkait dengan perambatan gelombang.

Fisika Modern

Fisika modern adalah cabang fisika yang mencakup konsep dan teori yang dikembangkan pada abad ke-20 dan seterusnya, termasuk fisika kuantum dan teori relativitas. Materi ini mencakup konsep dasar partikel subatomik, interaksi inti atom, dan hukum-hukum yang mengatur perilaku materi dan energi pada skala mikroskopis.

Astronomi

Astronomi adalah cabang ilmu yang mempelajari benda-benda langit, fenomena yang terjadi di luar atmosfer Bumi, dan evolusi serta karakteristik sistem Tata Surya. Materi ini mencakup konsep dasar gerhana, rotasi dan revolusi Bumi, serta struktur Tata Surya.