Efek Rumah Kaca: Pengertian, Proses, Contoh Soal

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai efek rumah kaca.

Siapa yang tau apa sih efek rumah kaca itu?

Kalau belum ada yang tau mari kita bahas bersama sama.

Pengertian Efek Rumah Kaca

Sesuai dengan namanya rumah kaca merupakan bangunan, rumah, gedung atau sebagainya yang dibuat (dinding dan atap) dari bahan kaca.

Pada dasarnya rumah kaca sangat cocok untuk diaplikasikan untuk bercocok tanam. Rumah kaca biasa dipakai di daerah yang memiliki 4 musim oleh sebab itu di Indonesia jarang ditemui bangunan pertanian yang menggunakan rumah kaca.

Rumah kaca digunakan untuk mengantisipasi saat musim dingin dimana dalam bangunan ini akan tetap terasa hangat walau pada musim dingin.

Prinsip dari efek rumah kaca ialah menangkap cahaya dan panas dari sinar matahari yang seakan terperangkap didalam bangunan tersebut sehingga suhu dalam bangunan itu tetap terasa hangat.

Di bawah merupakan ilustrasi dari bangunan rumah kaca.

Efek Rumah Kaca

Penyebab dan Dampak Efek Rumah Kaca

Pada dasarnya efek rumah kaca disebabkan oleh cahaya matahari yang dipantulkan oleh benda yang ada di bumi.

Cahaya matahari yang dipantulkan itu dapat merusak lapisan ozon bumi. Merusaknya lapisan ozon menyebabkan suhu udara dibumi semakin meningkat.

Jika kejadian itu dibiarkan maka bumi sendiri akan menjadi dingin. Kondisi itu akan terus memburuk karena karbondioksida yang ada dibumi.

Adanya karbondioksida semakin banyak juga menambah cepat rusaknya lapisan ozon bumi.

La terus bagaimana cara mengantisipasi atau mencegah prosesrusaknya lapisan ozon bumi? Oke oke sabar kita akan bahasperlahan.

Untuk mengantisipasi lapisan ozon yang semakinmemburuk, maka kita harus mengurangi pemakaian berbagai alat, bahan, atau apapun yang menghasilkan CO2.

Jika hal tersebut terus dilakukan maka tamatlah riwayat bumi kita yang indah.

Baca juga Lensa.

Proses Efek Rumah Kaca

Proses terjadinya efek rumah kaca bermula dari cahaya matahari yang akan memancarkan sinarnya ke bumi dalam bentuk radiasi, kemudian diterima oleh bumi dan kemudian dipantulkan kembali dalam bentuk radiasi panas, lalu sebagian sinarnya akan dipantulkan kembali ke luarangkasa.

Sebagian lain akan diserap oleh berbagai macam bendayang ada dibumi ini. Semakin banyak kandungan dan konsentrasi gas ini akan menyebabkan jumlah panas yang semakin besar.

Banyaknya panas dan subu bumi memunculkan efek rumah kaca yang selama ini menjadi biang kerok dari permasalahan bumi.

Oke sudah mengertikan materimengenai efek rumah kaca dari mulai definisi, penyebab, dampak sampai ke cara mengantisipasinya?

Jika sudah mengerti mari kita uji pemahaman kita mengenai efek rumah kaca.

Contoh Soal Efek Rumah Kaca

1. Peningkatan panas bumi yang disebabkan oleh paparan radiasi panas matahari yang terkandung dalam atmosfir disebabkan oleh? 

Pembahasan

Penyebab dari naiknya panas dan suhu bumi adalah efek dari rumah kaca yang mana disebabkan karena tingginya suhu dipermukaan bumi karena kadar CO2 di atmosfir meningkat.

Efek rumah kaca bekerja berasal dari sinar matahari yang menembus lapisan atmosfir yang kemudian dipantullkan kembali oleh bumi keluar angkasa yang menjadikan lapisan ozon rusak.

2. Sebutkan beberapa hal yang termasuk akibat dari efek rumah kaca?

Pembahasan

Efek rumahkaca memiliki banyak sebab antara lain sebagai berikut:

  1. Meningkatnya suhu bumi
  2. Naiknya rata rata air laut
  3. Gengguan ekologis
  4. Perubahan iklim yang ekstrim
  5. Dampak social politik

Mungkin cukup sekian pembahasan efek rumah kaca ini. Baca juga Cermin.

Semoga bermanfaat.