Materi Fisika SMA Kelas 10, 11, 12

Berikut adalah daftar materi Fisika SMA kelas 10, 11, & 12 di Rumus Pintar. Materi dibahas secara detail dilengkapi dengan contoh soal & pembahasan.

Hakikat Fisika

Hakikat ilmu fisika merupakan ilmu yang mendalami fenomena alam berdasarkan konsep, prinsip, fakta, dan hukum yang sudah diuji kebenarannya berdasarkan metode ilmiah.

Mekanika Fisika

Mekanika Fisika adalah bagian ilmu fisika yang mempelajari gaya gerak suatu benda dan efek yang dihasilkan gaya tersebut. Mekanika sudah berkembang sangat lama sejak era Newton dan Galileo.

Fluida

Fluida merupakan bentuk zat dimana zat  tersebut dapat mengalir. Fluida secara jenisnya dibagi menjadi dua jenis yaitu, fluida cair dan gas.

Getaran dan Gelombang

Getaran juga sering disebut gerak periodik dimana memang sejatinya gerak dari getaran adalah selalu periodik dalam setiap waktunya. Gelombang adalah hasil getaran yang dapat merambat baik melalui mediumatau tanpa melalui medium.

Listrik dan Magnet

Secara sederhana listrik statis adalah listrik yang diam dan listrik dinamis adalah listrik yang bergerak atau mengalir. Medan magnet merupakan sebuah ilustrasi yang bertujuan untuk menggambarkan dan memvisualkan bagaimana gaya magnet terdistribusi di antara suatu benda bermagnet atau disekitar benda bermagnet itu sendiri.

Termodinamika

Termodinamika adalah ilmu fisika yang mempelajari perpindahan energi yang diakibatkan perbedaan panas. Termodinamika dirumuskan berdasarkan beberapa prinsip dan memiliki 3 hukum.

Optika Geometri

Optika geometri merupakan suatu pendekatan untuk mendalami ilmu optika saat panjang gelombang yang ditinjau jauh lebih kecil ukurannya daripada dimensi peralatan yang mempelajarinya dan energi fotonya jauh lebih rendah daripada sensitivitas peralatan.

Fisika Kuantum dan Relativitas

Fisika kuantum sendiri merupakan ilmu fisika yang membahas tentang gelombang elektromagnetik dengan menghitung kecepatan cahaya 186,000 mil/detik. Teori Relativitas dirumuskan guna menjelaskan bahwa gelombang elektromagnetik tidak sesuai dengan teori gerak klasik yaitu teori gerak newton.

Lainnya