Gelombang Transfersal dan Longitudinal

Hai sobat semua. Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga kalian baik baik saja.

Sekarang kita akan melanjutkan pembahasan mengenai gelombang.

Menurut kalian apa itu gelombang?

Untuk menjawab pertanyaan itu mari kita mulai pembahasan kali ini.

Pengertian Gelombang

Oke mari kita mulai pembahasan gelombangnya. Secara umum definisi gelombang adalah getaran yang merambat yang mana perambatannya membawa sebuah energi.

Sekarang gelombang jika dilihat dari arah rambatnya dapat dibedakan menjadi dua yaitu gelombang transversal dan gelombang longitudinal.

Lantas apa bedanya kedua gelombang tersebut? Oke mari kita bahas  satu persatu.

Gelombang Transversal

Gelombang transversal merupakan gelombang yang arah rambatnya tegak lurus dengan terhadap arah rambatnya. Bisa membayangkannya?

Mudahnya gelombang transversal itu adalah gelombang yang tegak lurus dengan gelombangnya. Jika energi ditransverkan ke kanan maka arah rambatnya adalah ke atas dan kebawah ataupun ke kanan dan kekiri.

Masih bingung juga?

Oke mari kita lihat gambaran ilustrasi dari gelombang transversal ini.

Gelombang Transversal

Gelombang Longitudinal

Oke. Selanjutnya kita akan membahas tentang gelombang longitudinal yang memiliki definisi gelombang yang arah rambatnya searah dengan arah getarnya. Dimana arah geraknya searah dengan arah perambatan energinya.

Sekarang apakah kalian sudah bisamembayangkan bentukdari gelombang longitudinal?

Kalau masih belum bayangkan kalian sedang menggerak gerakkan pegaskedepan dan kebelakang maka akan terlihat bentuk gelombang longitudinal. Dimana disana akan terlihat bentuk rapatan dan renggangan dalam pegas tersebut.

Gelombang Longitudinal

Contoh Aplikasi Gelombang

Setelah mengetahui apa definisi dan perbedaan antara kedua gelombang tersebut lalu kita akan membicarakan mengenai contoh dari gelombang dan aplikasinya. Mari kita bahas dengan perlahan.

Contoh Gelombang Transversal

Gelombang transversal banyak sekali macamnya. Siapa yang dapat memberikan contoh dari gelombang transversal? Oke mari kita sebutkan satu persatu.

1. Gelombang Cahaya

Gelombang cahaya memancarkan sinarnya searah dengan arah rambat gelombang. Pernah kalian merasakan silau disamping sorotan cahaya senter? Tidakkan? Itu membuktikan bahwa cahaya merambat searah.

2. Gelombang Tali

Kalian waktu masih kecil pernah gk bermain tali? Pernahkan pasti kalian ingat saat kalian mengayunkan tali tersebut keatas dan kebawah?

Itulah bentuk  dari gelombang tali transversal.

3. Gelombang Air

Wah gelombang air pasti kalian sudah sering melihatnya. Saat  hujan, saat mandi, saat disungai atau dimanapun juga dapat terlihat gelombang air.

Perhatikan saat air tenang dijatui senuah batu maka permukaan air tersebut akan membentuk tonjolan dan cekungan yang biasa disebut perut dan simpul.

Gelombang Longitudinal

Gelombang ini juga tidak kalah banyak contohnya. Supaya mempersingkat langsung saja kita bahas.

1. Gelombang Bunyi

Gelombang bunyi dapat dikatakan dengan gelobang transfersal karena gelombang bunyi mampu mengubah kerapatan udara dan menggetarkan gendang telinga kita sehingga kita dapat mendengar segala bentuk bunyi yang ada yang jelas masih di rentang audiosonik ya hehhe.

2. Gelombang Seismik

Yak benar sekali gelombang sesismik atau gelombanggempa merupakan jenis gelombang longitudinal karena gelombang ini mengubah kerapatan tanah yang menjadikan tanah serasaberjalan.

3. Gelombang Pegas

Gelombang pegas sudah jelas sekali merupakan gelombang longitudinal karena kita sering sekali melakukan percobaan gelombang dengan pegas tersebut.

Dapat dlihat pegas membentuk rapatan saat ditekan dan regangan saat dilepaskan. Itu merupakan ciri kusus dari gelombang longitudinal.

Setelah kita membahas beberapa materi tentang gelombang maka kita akan membahas mengenai penerapan dan rumus gelombang untuk menyelesaikan masalah di kehidupan.

Baca juga Cermin.

Rumus Gelombang

Pada persamaan gelombang ada beberapa parameter yang perlu kita cari dan pahami antara lain:

Rumus Periode Gelombang

T = t/n

Dimana

  • T = periode (s)
  • t = waktu (t)
  • n = banyaknya getaran

Rumus Frekuensi Gelombang

f = n/t

Dimana

  • f = frekuensi (Hz)
  • t = waktu (t)
  • n = banyaknya getaran

Rumus Cepat Rambat Gelombang

v = λ/T

v = λf

dimana

  • v = cepat rambat gelombang (m/s)
  • λ = panjang gelombang (m)
  • T = periode (s)

Baca juga Lensa.

Contoh Soal Gelombang

Perhatikan gambar dibawah

Contoh Soal Gelombang Transversal & Longitudinal

Jika waktu yang dibutuhkan gelombang tersebut menempuh jarak A sampai B adalah 5 s.Berapacepat rambat gelombang tersebut?

Pembahasan

Diketahui

tAB = 5 s

n = 2

½ λ =10

λ = 20 m

Penyelesaian

T = t/n

T = 10/2= 5s

v = λ/T

v = 20/5

v = 4 m/s

Jadi cepat rambat gelombang dari A ke B adalah 4 m/s

Mungkin cukup sekian pembahasan gelombang ini. Semoga dapat bermanfaat dan membantu kalian semua. Baca juga Teori Relativitas.

Selamat belajar.

Leave a Comment