Analytical Exposition: Pengertian, Ciri-ciri, Struktur, dan Contoh

Ada berbagai jenis teks yang dikenal dalam bahasa Inggris, salah satunya adalah analytical exposition.

Jenis tulisan yang satu ini termasuk ke dalam argumentative text karena memuat opini atau pandangan penulis mengenai sebuah isu, kejadian atau peristiwa.

Analytical exposition biasa digunakan oleh kalangan akademisi yang ingin menyampaikan pendapat mereka terkait suatu hal.

Teks ini bisa dengan mudah ditemukan di berbagai jurnal, koran, majalah maupun buku ilmiah.

Pengertian Analytical Exposition

Secara bahasa, analytical dapat diartikan sebagai menguji atau memeriksa secara teliti dan hati-hati.

Analytical exposition dapat dimaknai sebagai sebuah jenis teks atau tulisan yang memuat pandangan atau pendapat penulis yang dipaparkan secara teliti dan hati-hati.

Tujuan teks analytical exposition adalah untuk menyadarkan pembaca tentang topik yang sedang dibahas.

Selain itu, tulisan juga dapat berfungsi untuk meyakinkan pembaca bahwa topik tersebut penting untuk diketahui dan dibahas.

Baca juga Preposition.

Ciri-ciri Analytical Exposition

Teks analytical exposition mempunyai language features tertentu yang menjadi ciri khasnya. Berikut ini sejumlah ciri-ciri yang perlu diketahui:

  • Menggunakan simpel present
  • Terdapat kata-kata yang menunjukkan pikiran atau pendapat penulis, contohnya: think, know, feel, realize, experience, dan lain sebagainya.
  • Menggunakan conjunction (kata penghubung) seperti in addition, but, on the other And, meanwhile, first, second, then dan seterusnya.
  • Memakai causal conjunction (kata penghubung sebab akibat), misalnya as a result, dua do, for that reason, consequently, dan seterusnya.

Struktur Analytical Exposition

Selain language feature, analytical exposition juga mempunyai struktur yang perlu diperhatikan. Jika kamu ingin membuat sebuah teks analytical exposition, maka ikuti urutan dan struktur berikut ini:

  • Thesis

Thesis merupakan bagian pembuka yang menuntun pembaca untuk mengenali topik utama yang akan dibahas.

Pada bagian ini, terkadang penulis menyampaikan alasan mengapa topik tersebut diangkat atau mengapa dia memberikan pendapat tertentu.

  • Arguments

Bagian selanjutnya adalah arguments. Sesuai dengan namanya, bagian ini berisi pendapat-pendapat yang menguatkan topik utama.

Sebuah analytical exposition text biasanya mempunyai dua argumen atau lebih.

Semakin banyak penulis menyampaikan argumen, maka pembaca akan lebih memperhatikan topik tersebut.

  • Reiteration

Bagian ini juga disebut sebagai conclusion (kesimpulan) dan terletak di bagian akhir paragraf.

Isinya adalah tentang penegasan kembali mengenai pendapat dan posisi penulis sesuai dengan yang telah disampaikan sebelumnya.

Baca juga Adjective Clause.

Contoh Analytical Exposition

Drinking Water Is Important

Drinking water is often considered unimportant for many people. In fact, water has important functions to our body as 50 to 70 percent of human body is water. Lack of water intake can cause a number of health problems such as dehydration and kidney disorder. There are many reasons why drinking water is important.

First, water helps digest food and transport nutrients throughout our body. Interstitial fluid that is obtained from water intake is also important to regulate body temperature and produce saliva.

Second, sufficient water intake helps our kidney work properly. Kidney processes around 200 liters of blood every day. This organ also filters waste and brings urine to our bladder. In order to work well, kidney requires adequate water to detox impurities from the body. In addition, drinking enough water helps moisture our skin. It also makes our skin bright and feels fresh.

The next reason to drink much water is to improve brain function. Our brain requires water to suppress nervous system and improve concentration. In a nut shell, drinking water is essential as it helps regulate our body temperature, ensure kidney works properly, promotes healthy skin and improve brain function.

Terjemahan:

Minum Air Putih Itu Penting

Minum air putih sering dianggap tidak penting oleh banyak orang. Faktanya, air mempunyai fungsi penting untuk tubuh kita karena 50 hingga 70 persen tubuh manusia adalah air. Kekurangan asupan air dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan seperti dehidrasi dan gangguan ginjal. Ada banyak alasan mengapa minum air putih itu penting.

Pertama, air membantu mencerna makanan dan membawa nutrisi ke seluruh tubuh kita. Cairan tubuh yang diperoleh dari asupan air juga penting untuk mengatur suhu tubuh dan memproduksi air liur.

Kedua, asupan air yang cukup membantu ginjal kita untuk bekerja dengan baik. Ginjal memproses sekitar 200 liter darah setiap hari. Organ ini juga menyaring kotoran dan membawa urin ke kandung kemih. Agar bekerja dengan baik, ginjal membutuhkan air yang cukup untuk mengeluarkan kotoran dari tubuh kita. Sebagai tambahan, minum cukup air membantu melembabkan kulit kita. Minum air juga membuat kulit kita lebih cerah dan terasa segar.

Alasan selanjutnya untuk minum banyak air putih adalah untuk meningkatkan fungsi otak. Otak kita membutuhkan air untuk menekan sistem syaraf dan meningkatkan konsentrasi. Kesimpulannya, minum air putih itu penting karena dapat membantu mengatur suhu tubuh, memastikan ginjal bekerja dengan baik, meningkatkan kesehatan kulit dan meningkatkan fungsi otak.

Demikian pembahasan tentang analytical exposition mulai dari pengertian, ciri-ciri, dan contohnya. Semoga dapat menambah pengetahuan bagi sobat sekalian yang sedang belajar bahasa inggris.

Selanjutnya, sobat sekalian bisa latihan dengan menjawab contoh soal analytical exposition.

Sekian dari rumus pintar. Happy learning.

Kembali ke Materi Bahasa Inggris