Report Text: Pengertian, Ciri, Generic Structure, dan Contoh

Di antara berbagai jenis teks dalam bahasa Inggris, report text adalah salah satu tulisan yang cukup sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Teks ini dapat digunakan untuk menjelaskan tentang suatu objek dengan lebih detail.

Report text kerap disamakan dengan descriptive text karena keduanya bertujuan memberikan informasi kepada pembaca.

Kendati demikian, report text bersifat lebih ilmiah dan lebih umum. Simak penjelasan lebih lanjut mengenai teks report di bawah ini.

Pengertian Report Text

Menurut definisinya, report text merupakan tulisan yang menjabarkan tentang suatu objek secara detail.

Penjabaran tersebut meliputi fisik maupun non fisik dan merupakan fakta ilmiah sehingga pembaca dapat memahami detail dari obyek yang dimaksud.

Penjabaran tersebut meliputi fisik maupun non fisik dan merupakan fakta ilmiah sehingga pembaca dapat memahami detail dari obyek yang dimaksud.

Report text mempunyai tujuan yang hampir sama dengan descriptive text, yaitu untuk memberikan informasi kepada pembaca tentang objek yang dijabarkan.

Meskipun memiliki kesamaan tujuan, teks report berbeda dengan teks descriptive. Report text bersifat lebih ilmiah sedangkan descriptive text lebih subjektif dan mengandung opini dari penulis.

Ciri-ciri Report Text

Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi sebuah teks report, salah satunya adalah dengan mengenali ciri-ciri yang dimiliki.

Karakteristik report text antara lain:

  • Mengandung fakta-fakta ilmiah
  • Menggunakan kalimat bentuk simple present tense
  • Menggunakan kata benda yang bersifat umum seperti kucing, anggrek, burung, dll.
  • Menggunakan action verbs untuk mendeskripsikan kebiasaan
  • Menggunakan istilah yang bersifat teknis seperti populasi, spesies, dll.
  • Memakai linking verbs atau relating verbs seperti look, taste, seem, to be, dll.

Baca juga Recount Text.

Generic Structure Report Text

Selain mempunyai karakteristik yang berbeda, report text juga mempunyai struktur tertentu yang membedakannya dengan jenis teks lain.

Secara garis besar, teks report terdiri dari dua bagian yaitu general classification dan description.

1. General classification

Bagian ini menyampaikan pernyataan secara umum mengenai objek yang akan dibahas. Dengan demikian, pembaca bisa lebih mudah memahami detail dari objek yang dimaksud.

2. Description

Bagian ini berisi gambaran secara detail tentang objek yang dibahas. Banyak hal yang bisa dijabarkan pada bagian ini seperti sifat, tingkah laku, kebiasaan, situasi, maupun fenomena yang biasa terjadi.

Deskripsi disampaikan secara ilmiah sehingga membedakannya dengan descriptive text. Perlu diingat bahwa pada bagian ini, penulis tidak perlu menyampaikan opininya.

Baca juga Narrative Text.

Contoh Report Text

Orchids

Orchids are a type of flowers with the largest species. Over 26 thousands of species are distributed worldwide, mostly in tropical countries such as Asia and South America. However, the most popular genera include Dendrobium, Cattleya, Phalaenopsis, and Epidendrum.

Orchids have distinct characteristics that make them easy to distinguish. The plants have bilateral symmetrical flower with fused stamens and carpels. Their colorful flowers also have extremely small seeds that germinate with special treatment and environment.

Most flowering plants from the family Orchidaceae are perennial without permanent woody stems. Based on their growing patterns, orchids are divided into two: monopodial and sympodial. In monopodial, the stems grow from a single bud and it grows longer from time to time. The most popular genera of this growing pattern is Vanda and Phalaenopsis.

Meanwhile, sympodial orchids have new stems which grow and stop growing at a certain size. The new stems have their own roots and leaves, allowing easier propagation. The most popular genera of this pattern includes Cattleya and Dendrobium.

Terjemahan:

Anggrek

Anggrek merupakan salah satu jenis bunga dengan spesies terbanyak. Ada lebih dari 26 ribu spesies tersebar di seluruh dunia, terutama di negara-negara tropis seperti Asia dan Amerika Selatan. Meskipun demikian, jenis yang paling terkenal antara lain Dendrobium, Cattleya, Phalaenopsis, dan Epidendrum.

Anggrek mempunyai ciri khusus yang membuatnya mudah dibedakan. Tanaman anggrek mempunyai bunga bilateral simetris dengan stamen dan bakal biji yang menyatu. Bunga yang berwarna-warni memiliki biji sangat kecil yang dapat disemaikan dengan perlakuan dan lingkungan khusus.

Sebagian besar tanaman dari famili Orchidaceae dapat hidup bertahun-tahun tanpa batang berkayu. Berdasarkan pola pertumbuhan, anggrek terbagi menjadi dua yaitu monopodial dan simpodial. Pada tanaman monopodial, batang tumbuh dari satu titik dan terus memanjang dari waktu ke waktu. Jenis yang paling terkenal dari pola pertumbuhan ini adalah Vanda dan Phalaenopsis.

Sementara itu, anggrek simpodial mempunyai batang baru yang tumbuh hingga ukuran tertentu dan kemudian berhenti tumbuh. Batang baru tersebut memiliki akar dan daun sendiri sehingga memudahkan penyebaran. Jenis yang paling populer dari pola ini antara lain Cattleya dan Dendrobium.

Itulah sedikit pembahasan tentang report text mulai dari pengertian, ciri-ciri, struktur, dan contoh. Semoga dapat meningkatkan pemahaman teman-teman sekalian tentang report text.

Sudah paham belum? Kalo sudah, yuk coba jawab contoh soal report text.

Sekian dari rumus pintar. Selamat belajar.

Kembali ke Materi Bahasa Inggris