Spoof Text: Pengertian, Ciri, Struktur, dan Contoh

Apakah kamu pernah menulis sebuah cerita dengan genre komedi?

Dalam bahasa Inggris, sebuah teks yang berisi cerita komedi disebut sebagai spoof text. Karena berisi cerita yang lucu, tidak heran jika teks ini banyak digemari.

Spoof text mempunyai language feature yang hampir sama dengan recount. Meskipun sering dianggap sama, spoof memiliki beberapa perbedaan dari recount.

Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai teks spoof, simak pembahasan di bawah ini.

Pengertian Spoof Text

Menurut pengertiannya, spoof text adalah jenis tulisan yang berisi cerita lucu. Biasanya titik kelucuan terletak pada bagian akhir cerita dan tidak mudah ditebak oleh para pembaca.

Teks spoof mempunyai tujuan untuk menghibur pembaca.

Contoh nyata dari teks spoof adalah naskah yang dibuat oleh stand up comedian. Sebelum beraksi di atas panggung, biasanya mereka membuat naskah cerita lucu dalam bahasa Inggris.

Isi dari cerita tersebut sangat beragam, mulai dari keresahan pribadi hingga pengalaman lucu orang lain.

Baca juga Hortatory Exposition.

Ciri-ciri Spoof Text

Setiap jenis mempunyai ciri kebahasaan (language features) yang dapat digunakan untuk membedakannya dengan teks lain.

Ciri kebahasaan yang dimiliki oleh spoof text antara lain:

  • Memakai bentuk past tense.
  • Menggunakan action verb seperti ran, walked, cried, dan seterusnya.
  • Disampaikan secara kronologis.
  • Terdapat kata keterangan tempat dan waktu seperti yesterday, once, at school, dan sebagainya.

Struktur Spoof Text

Adapun struktur spoof text hampir sama dengan recount. Yang membedakan adalah pada bagian akhir tulisan.

Jika recount text menggunakan reorientation, maka kita menggunakan twist untuk spoof. Berikut penjelasannya.

1. Orientation

Pada bagian ini, penulis melakukan pengenalan sebelum berlanjut ke bagian inti. Yang perlu disampaikan antara lain tokoh, waktu, tempat, dan hal lain yang harus diketahui oleh pembaca.

Tujuannya adalah untuk mempermudah pembaca dalam memahami teks secara keseluruhan.

2. Events

Bagian ini berisi cerita, namun masih bernuansa netral. Pembaca belum terlalu menemukan titik kelucuan pada bagian events.

3. Twist

Ini merupakan bagian paling menarik dari sebuah spoof text. Twist biasanya berisi cerita yang tidak disangka-sangka dan merupakan kebalikan dari yang diprediksi oleh pembaca.

Contoh Spoof Text

Wrong Choice

That day was our second day in Krabi. It was very hot, my Indonesian friend and I just stayed in our dorm. In the afternoon, we found that our mineral water was completely gone. We decided to go to a minimarket and bought some bottles of water. I rode the motorcycle faster than usual, so we did not need to burn our skin.

In the minimarket, we went to beverage section that was located next to food supplies. We saw plenty of choices of mineral water. The brands were written in Thai, so we could not read anything. After a few minutes of choosing, my friend and I decided to pick a brand that we thought the best. We brought the bottles to the cashier and she smiled at us. She talked in Thai, so I said that I could not speak Thai. Then, she talked in English.

 “What will you do with these bottles?” she asked.

Of course, I said that I wanted to drink them. She laughed even louder but I did not know what she was laughing at. Seeing our curious face, she said, “It is vinegar, not mineral water.”

My friend and I were so embarrassed. We put the bottles back into the rack. We did not realize that we went too far to food supplies section. Besides, the bottles of vinegar looked similar to mineral water so we did know that we picked the wrong product.

Terjemahan:

Pilihan yang Salah

Waktu itu adalah hari kedua kami di Krabi. Hari sangat panas, jadi saya dan seorang teman dari Indonesia hanya berdiam di asrama. Pada sore hari, kami menyadari bahwa air mineral kami telah habis. Kami memutuskan untuk pergi ke minimarket dan membeli beberapa botol air. Saya mengendarai motor lebih cepat dari biasanya, jadi kulit kami tidak terbakar.

Di minimarket, kami pergi ke bagian minuman yang terletak di sebelah bahan makanan. Kami melihat banyak pilihan air mineral. Mereknya tertulis dalam bahasa Thai, jadi kami tidak bisa membaca apapun. Setelah memilih selama beberapa menit, saya dan teman saya memutuskan untuk memilih sebuah merek yang kami anggap paling bagus. Kami membawanya ke kasir dan dia tersenyum pada kami. Dia berbicara dalam bahasa Thailand, jadi saya mengatakan bahwa saya tidak bisa berbicara bahasa Thailand. Lalu, dia berbicara menggunakan bahasa Inggris.

“Apa yang akan kamu lakukan dengan botol-botol ini?” dia bertanya.

Tentu saja, saya menjawab bahwa saya akan meminumnya. Dia tertawa lebih keras tetapi saya tidak tahu apa yang dia tertawakan. Melihat wajah kami yang penasaran, dia berkata,”Ini adalah cuka, bukan air mineral.”

Saya dan teman saya sangat malu. Kami menaruh kembali botol-botol tersebut di rak. Kami tidak menyadari bahwa kami pergi terlalu jauh ke rak bahan makanan. Lagi pula, botol cuka tersebut terlihat sama dengan botol air mineral jadi kami tidak menyadari telah mengambil produk yang salah.

Demikian pembahasan tentang spoof text mulai dari pengertian, ciri, struktur, hingga contohnya. Semoga dengan membaca pembahasan ini dapat menambah wawasan teman-teman yang sedang belajar bahasa inggris.

Gimana pembahasannya? Sudah paham kah? kalo sudah, yuk coba jawab contoh soal spoof text.

Sekian dari rumus pintar. Happy learning.

Kembali ke Materi Bahasa Inggris