Descriptive Text: Pengertian, Ciri, Generic Structure, Contoh

Bahasa Inggris mengenal berbagai jenis teks, salah satunya adalah descriptive text.

Jenis tulisan yang satu ini menggambarkan sesuatu secara jelas melalui sifat dan ciri-ciri yang dimiliki, baik pada benda hidup maupun benda mati.

Descriptive text biasa digunakan pada ulasan produk, ensiklopedia, dan buku anak-anak sehingga pembaca mendapatkan gambaran jelas tentang benda yang dimaksud.

Simak pembahasan lengkap mengenai teks deskriptif di bawah ini.

Pengertian Descriptive Text

Descriptive text merupakan jenis tulisan dalam bahasa Inggris yang menjelaskan, mendeskripsikan, dan menggambarkan suatu benda, binatang, atau orang melalui sifat yang melekat.

Teks ini bertujuan untuk memberikan gambaran jelas mengenai benda tersebut kepada pembaca.

Ada beragam jenis descriptive text yang ditemukan dalam bahasa Inggris. Beberapa contoh yang sering dijumpai antara lain:

  • Deskripsi tempat

Teks deskriptif ini menjelaskan tentang suatu tempat. Informasi yang dapat disampaikan antara lain lokasi keberadaan tempat tersebut, apa saja yang bisa ditemukan di sana, ciri yang membedakan dengan tempat lain, dan seterusnya.

  • Deskripsi benda mati

Untuk mendeskripsikan benda mati, kita dapat menuliskan berbagai hal seperti ukuran, warna, fungsi, kelebihan yang dimiliki, dan lain sebagainya.

  • Deskripsi benda hidup

Yang termasuk benda hidup adalah manusia, hewan, dan tumbuhan. Deskripsi untuk benda tersebut dapat berupa bentuk, warna, ciri khas, ukuran, dan seterusnya.

Ciri-ciri Descriptive Text

Descriptive text mempunyai sejumlah karakteristik sehingga membuatnya berbeda dengan jenis teks lain.

Berikut ini beberapa ciri-ciri yang sering ditemukan pada teks deskriptif:

  • Menggunakan simple present tense
  • Menggunakan kata benda spesifik seperti my car, my father, my school, etc.
  • Memakai action verb seperti write, walk, talk, etc.
  • Memakai figurative language sebagai ilustrasi untuk pembaca
  • Menggunakan kata sifat (adjective) seperti cute, small, big, tall, etc.

Baca juga Narrative Text.

Generic Structure Descriptive Text

Struktur descriptive text cukup berbeda dengan jenis teks lain seperti naratif atau recount. Descriptive text hanya mempunyai dua bagian, yaitu identification dan description.

Berikut penjelasan masing-masing struktur tersebut.

1. Identification

Identification merupakan bagian pembuka dari sebuah teks deskriptif. Pada bagian ini, penulis memperkenalkan objek yang akan dideskripsikan.

Melalui pengenalan tersebut, pembaca dapat lebih memahami setiap rincian yang akan disampaikan pada bagian inti.

2. Description

Bagian ini merupakan inti dari sebuah teks deskriptif. Penulis menyampaikan seluruh gambaran mengenai objek yang dimaksud secara rinci.

Melalui gambaran tersebut, pembaca dapat mengetahui sifat-sifat yang dimiliki oleh objek yang dideskripsikan.

Baca juga Recount Text.

Contoh Descriptive Text

My school is the best and I want to tell you why. This is the largest school in my city with total land area of 10 acre. Situated in Jl. Merdeka No. 23, the location is very easy to find. From the outside, it looks glaring with green buildings and a robust yellow gate. My school has 5 main buildings with many rooms. It also has complete facilities such as cafeteria, sporting course, mosque, laboratory, library, art room, hall, and many more. My favorite place is art room as I can explore my talent there. This room is equipped with a small stage where I can perform in front of my friends. This is why my school is the best for me.

Terjemahan:

Sekolah saya adalah yang terbaik dan saya akan memberitahukan alasannya. Sekolah ini adalah yang terbesar di kota saya dengan total luas lahan 4 hektar. Terletak di Jl. Merdeka No 23, lokasinya sangat mudah ditemukan. Dari luar, sekolah saya terlihat sangat mencolok dengan gedung berwarna hijau dan sebuah gerbang kokoh berwarna kuning. Sekolah saya memiliki 5 bangunan utama dengan banyak ruangan. Sekolah juga mempunyai fasilitas lengkap seperti kantin, lapangan olahraga, masjid, laboratorium, perpustakaan, ruang seni, aula, dan masih banyak lagi. Tempat favorit saya adalah ruang seni karena saya dapat mengeksplorasi bakat saya. Ruangan ini dilengkapi dengan sebuah panggung kecil di mana saya bisa tampil di depan teman-teman. Inilah alasan mengapa sekolah saya adalah yang terbaik.

Demikian materi tentang Descriptive Text mulai dari pengertian, ciri-ciri, generic structure, dan contoh paragrafnya. Semoga dapat menambah pemahaman teman-teman yang sedang mempelajarinya.

Biar pemahaman teman-teman makin mantap, coba jawab latihan soal descriptive text ya.

Sekian dari rumus pintar. Selamat belajar.

Kembali ke Materi Bahasa Inggris