Explanation Text: Pengertian, Ciri, Generic Structure, dan Contoh

Salah satu jenis teks bahasa Inggris yang sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari adalah explanation text.

Tulisan ini berisi penjelasan mengenai proses terjadinya sesuatu yang disampaikan secara detail.

Meskipun menjelaskan sebuah proses, explanation berbeda dengan procedure text.

Teks procedure lebih berfokus pada cara melakukan sesuatu, sedangkan explanation lebih menekankan pada bagaimana proses tersebut bisa terjadi.

Jangan lewatkan penjelasan lebih lanjut tentang explanation text di bawah ini!

Pengertian Explanation Text

Explanation text merupakan sebuah jenis teks yang menceritakan proses terjadinya sesuatu.

Teks ini biasa digunakan untuk menjelaskan kejadian alam, proses ilmiah, dan fenomena sosial budaya.

Singkatnya, teks explanation menjelaskan mengapa dan bagaimana fenomena tersebut terjadi.

Explanation text bertujuan untuk memberikan informasi kepada pembaca mengenai proses terjadinya sesuatu.

Teks jenis ini sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari misalnya buku ilmu pengetahuan, buku geografi, atau buku sejarah.

Baca juga Procedure Text.

Ciri-ciri Explanation Text

Terdapat beberapa karakteristik khusus yang membedakan explanation text dengan teks jenis lain. Ciri-ciri tersebut antara lain:

  • Menggunakan simple present karena menjelaskan tentang fakta
  • Terdapat action verbs seperti form, create, produce, etc
  • Menggunakan passive voice
  • Memakai istilah-istilah teknis yang sesuai dengan topik yang dibahas
  • Menjelaskan tentang proses

Generic Structure Explanation Text

Explanation text mempunyai struktur yang berbeda dari teks jenis lain. Teks ini terdiri dari dua bagian utama, yaitu general statement dan sequence of explanation.

Namun pada beberapa tulisan, terdapat pula bagian closing atau penutup. Berikut penjelasan masing-masing bagian:

1. General statement

Bagian ini merupakan pengenalan tentang topik, fenomena, atau proses yang akan dibahas.

Dengan adanya general statement, pembaca menjadi lebih siap untuk mengikuti dan memahami proses yang akan disampaikan pada bagian selanjutnya.

2. Sequence of explanation

Ini merupakan bagian ini dari sebuah teks explanation. Bagian ini berisi peristiwa atau proses yang terjadi selama fenomena alam tersebut berlangsung.

Penjelasan yang disampaikan secara berurutan dapat menjawab pertanyaan mengapa dan bagaimana.

3. Closing

Bagian ini bersifat pilihan sehingga penulis bisa memilih untuk menggunakan atau tidak menggunakan penutup.

Closing biasanya berisi informasi tambahan atau pendapat pribadi dari penulis mengenai fenomena yang dibahas sebelumnya.

Baca juga Descriptive Text.

Contoh Explanation Text

Metamorphosis Process of a Butterfly

Butterflies are wonderful insects with beautiful pairs of wings. They are often found in flowery meadows or city parks that provide abundant food resources. Behind their amazing appearance, butterflies have to undergo a long process to morph from a caterpillar called metamorphosis.

The life cycle of a butterfly begins when a hungry caterpillar hatches from an egg laid by adult female butterflies. The caterpillar, often known as a larva, feeds on green foliage that helps it grow longer, bigger, and plumper. At a specific age, it molts and stops eating then hangs upside down and makes itself a cocoon or chrysalis.

The caterpillar releases enzymes to digest itself inside the cocoon, leaving imaginal discs that will develop into a butterfly. At this phase, the chrysalis contains caterpillar juice that is rich of protein to continue the metamorphosis. The discs then forms antennae, legs, wings, and other features. The fully-formed butterfly emerges from the cocoon and dries itself before flying for the first time.

Terjemahan:

Proses Metamorfosis Kupu-Kupu

Kupu-kupu merupakan serangga yang menakjubkan dengan dua pasang sayap yang indah. Kupu-kupu dapat ditemukan di Adang rumput berbunga atau taman kota yang menyediakan sumber makanan melimpah. Di balik penampilannya yang menakjubkan, kupu-kupu harus melalui proses panjang yang disebut metamorfosis untuk berubah dari seekor ulat.

Siklus hidup seekor kupu-kupu bermula ketika seekor ulat yang kelaparan menetas dari telur yang dikeluarkan oleh kupu-kupu betina dewasa. Ulat yang juga disebut sebagai larva memakan dedaunan hijau yang membuatnya tumbuh panjang, besar, dan gemuk. Pada usia tertentu, ulat tersebut berganti kulit dan berhenti makan kemudian bergelantungan secara terbalik dan membuat kepompong.

Ulat tersebut mengeluarkan enzim untuk mencerna tubuhnya di dalam kepompong, menyisakan bagian-bagian tertentu yang akan tumbuh menjadi kupu-kupu. Pada fase ini, kepompong dipenuhi sari-sari ulat yang kaya protein untuk melanjutkan proses metamorfosis. Bagian yang tersisa kemudian membentuk antena, kaki, sayap, dan bagian tubuh lainnya. Kupu-kupu yang sempurna keluar dari kepompong dan mengeringkan diri sebelum terbang untuk pertama kalinya.

Demikian sedikit penjelasan tentang explanation text yang mencakup pengertian, ciri-ciri, struktur, dan contoh. Semoga dapat menambah pemahaman teman-teman sekalian tentang explanation text.

Sudah paham materinya? Kalo sudah, yuk coba jawab latihan soal explanation text untuk menguji pemahaman teman-teman.

Sekian dari rumus pintar. Selamat belajar.

Kembali ke Materi Bahasa Inggris